More Pisang Please ...

≈ MaKlumat ≈

Terhitung Mulai Tanggal 9 Juni 2009, Kelima blog (beserta seluruh Kontennya) atas nama Mbah MD sudah dilimpahKan Kepada CiPung aKa PungguK KooKKaburra.

Sebagai pewaris tahta Kerajaan KooKKaburra Bisnis Inc. THUS pemiliK tunggal (pemegang 100% saham) PungguK KooKKaburra (selanjutnya disebut "Owner"), memiliKi tanggung jawab dan Kewenangan sepenuhnya terhadap blog-blog tersebut.

MaKlumat ini dapat diubah dalam waKtu seKonyong-Konyong tanpa pemberitahuan sebelum dan sesudahnya.

ttd.

Owner
≈ PungguK KooKKaburra ≈

Wednesday 13 February 2008

Parting Is Such Sweet Sorrow ...

~ Mbah MD - Old Gum Tree ~

What Is A Youth
(Source: Nigredo
@YouTube)

What is a youth?
Impetuous fire

What is a maid?
Ice and desire

The world wags on


A rose will bloom

It then will fade
So does a youth
So does the fairest maid

Comes a time when one sweet smile
Has its season for a while

Then love's in love with me

Some they think only to marry

Others will tease and tarry

Mine is the very best parry

Cupid he rules us all

Caper the cape, sing me the song
Death will come soon to hush us along

Sweeter than honey and bitter as gall

Love is a task and it never will pall

Sweeter than honey and bitter as gall

Cupid he rules us all

What's in a name?
That which we call a rose by any other name would smell as sweet.
(Romeo and Juliet - Shakespeare).

Alunan lagu What Is A Youth mengingatkan percakapanku (Mbah MD) dengan Kookkaburra selepas menonton pertunjukan Romeo and Juliet di Swan Theatre, Stratford beberapa tahun yang silam.

K%K: Mbah apakah tragedi bunuh diri Romeo dan Juliet dapat dijadikan contoh atas kebesaran cinta sepasang kekasih? Atas kesetiaan dua anak manusia yang dimabuk cinta?

Mbah MD: Hmm ... cinta dan kesetiaan? Masih ingat dengan kisah patung anjing di pemakaman Greyfriars, Edinburgh? Bukankah K%K selalu menyempatkan nyekar ke kuburan Bobby kalau pergi ke utara?

K%K: Tentu aja ingat, Mbah. Itu kan kisah nyata tentang persahabatan dan dedikasi seekor anjing yang bernama Bobby Greyfriars terhadap tuannya, John Gray. Kesetiaan yang ditunjukkan dengan "mendekam" di atas makam John Gray dari saat tuannya itu meninggal dunia sampai pada kematian Bobby sendiri 14 tahun kemudian!

Mbah MD: Betul! Meskipun "persahabatan" keduanya "cuma" seumuran KoKi (sekitar 2 tahun) kesetiaan Bobby pada akhir hayatnya dipatri dalam wujud sebuah patung anjing.

Greyfriars Bobby, dikuburkan tak jauh dari makam John Gray, masih di komplek pemakaman yang sama: Greyfriars. Semoga "cinta" dan "kesetiaan" kedua mahluk ciptaan Tuhan ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Seperti yang terukir di batu nisannya: "Greyfriars Bobby — died 14th January 1872 — aged 16 years — Let his loyalty and devotion be a lesson to us all. "

Bagaimana dengan Romeo dan Juliet? Masih perlukah ditanyakan "kesetiaan" keduanya? Surga nunut neraka katut? Widow burning ala Shakespeare? Mungkin ... ada baiknya Mbah meniru si "Nguk-Nguk" ini. Bukankah kami ini sama-sama merupakan bawahan? Sama-sama "Fruit Children?" Kalau aku ini "piaraan" si K%K (**kek nyang miara B2 ngepet ajah**), si Bobby adalah peliharaan John Gray. Cuma aku jadi berpikir keras, seandainya, sebagai orang maia, nasib mengharuskan aku "menghadap" lebih dahulu, apakah K%K mau menunggui pusaraku siang-malam? **HaHa!**

Biarlah orang-orang sejagad dan burung-burung di lima benua serta ikan-ikan di Seven Seas mentertawakan "kesetiaanku," "pengharapanku" dan "cintaku." Berdasarkan buku yang aku baca ... ada tertulis: And now these three remain: faith, hope and love. But the greatest of these is love (1 Corinthians 13: 13).

Belum juga 40 hari ... tentu saja aku masih merasa kehilangan, ingin rasanya aku berharap peristiwa ini cuma mimpi, cuma perpisahan sementara. Seperti perpisahan ketika malam menjelang ... perpisahan yang diiringi dengan ucapan selamat malam antara Juliet dan Romeo seperti yang dilakonkan mereka di di Act II, Scene II:

Juliet: Good-night, good-night! Parting is such sweet sorrow. That I shall say good-night till it be morrow.
Romeo: Sleep dwell upon thine eyes, peace in thy breast. Would I were sleep and peace, so sweet to rest! Hence will I to my ghostly father's cell, His help to crave, and my dear hap to tell.

Good night K%K, let me sing a lullaby for you:
...
I promised I would never leave you
And you should always know
Wherever you may go
No matter where you are
I never will be far away ...

Old Gum Tree, the night before Valentine's Day



Lullaby (Billy Joel)
Source: ChungmoonStudios@YouTube.com

No comments: